Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Template

Powered by Blogger

Jumat, 07 Oktober 2011

PROPOSAL LK-1 TARBIYAH-DAKWAH


PROPOSAL
LATIHAN KADER I
“Membangun Tradisi Intelektualitas Kader Menuju Mahasiswa Islam yang Kritis dan Progresif”



HIMPUNAN MAHASISWA ISLAM
KOMFAK TARBIYAH DAN DAKWAH
UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
PERIODE 1432-1433 H / 2011-2012
Sekretariat: Wisma Marakom, Gg Gading No. 5F Ngentak Sapen Yogyakarta 55225
Call Center: 085643108300/ 085747881370, E-mail: tarbiyahhmi@ymail.com www.mpotarbiyahuin.blogspot.com

A. Nama Kegiatan
Kegiatan ini bernama Latihan Kader I Himpunan Mahasiswa Islam Komisariat Fakultas Tarbiyah dan Dakwah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga periode 2011/2012.
B. Tema Kegiatan
Kegiatan ini bertema “Membangun Tradisi Intelektualitas Kader Menuju Mahasiswa Islam yang Kritis dan Progresif”
C. Dasar Pemikiran
Mahasiswa merupakan bagian dari pemuda yang memiliki ciri khas tersendiri. Sejarah mencatat peran-peran penting dari pergerakan mahasiswa Indonesia dalam momentum-momentum besar yang terjadi di negeri ini. Dari zaman perjuangan kemerdekaan hingga era reformasi mahasiswa memegang peranan penting bersama pergerakannya yang tak kenal henti.
Posisi mahasiswa sebagai pengusung nilai-nilai moral dalam konteks kebangsaan memiliki potensi terpendam dalam merespon setiap perkembangan yang berkaitan dengan kemaslahatan umat. Mahasiswa sebagai salah satu elemen reformasi adalah satu-satunya pengemban amanah oposan yang paling efisien didunia dalam mengawal perubahan sosial ke arah yang lebih baik. Mahasiswa dengan keyakinan kuatnya punya keikhlasan dan idealisme dalam berjuang, semangat untuk merealisasikannya serta punya kesiapan untuk beramal dan berkorban untuk mewujudkannya.
Mahasiswa Islam diidentifikasi sebagai kelompok yang memiliki akhlak lebih baik, selalu berpegang pada ajaran Islam, jauh dari perilaku tidak terpuji, dan peduli pada orang atau pihak-pihak yang tertindas dan menderita. Posisi mahasiswa Islam sebagai generasi penerus (QS. Ath Thur:21), sebagai sebagai generasi pengganti (QS. Al Maidah: 54), sebagai generasi pembaharu (QS. Maryam: 42) diharapkan memiliki idialisme, komitmen dan integritas yang tinggi terhadap agama dan kemanusiaan.
Pada tahun 2003, telah dilahirkan Undang-Undang tentang Sistem Pendidikan Nasional melalui UU No. 20 tahun 2003 yang menggantikan UU No. 2 tahun 1989. Tersurat jelas dalam UU tersebut bahwa sistem pendidikan nasional harus mampu menjamin pemerataan kesempatan pendidikan, peningkatan mutu serta relevansi dan efisiensi manajemen pendidikan untuk menghadapi tantangan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional, dan global sehingga perlu dilakukan pembaharuan pendidikan secara terencana, terarah, dan berkesinambungan.
Urgensi pendidikan sebagai pilar pembangunan sebuah bangsa tidak pernah diperdebatkan lagi secara diametral. Diskursus pendidikan kontemporer tidak pernah bisa dilepaskan dari isu pembangunan, globalisasi, dan nasionalisme. Pendiri bangsa (founding fathers) mengidealkan kondisi anak bangsa yang cerdas, tidak ketinggalan dari bangsa lain. Hanya dengan masyarakat terdidik Indonesia akan mampu mewujudkan trisaktinya; berdaulat di bidang politik, berdikari di bidang ekonomi dan berkepribadian yang mampu menjunjung tinggi nilai kebudayaan.
Namun, yang tetap menjadi sorotan saat ini adalah sebagian besar mahasiswa Islam terlambat menyadari tanggungjawabnya sebagai bagian dari intelektual muslim yang berperan penting dalam perubahan dan kepemimpinan di masa mendatang. Gejala demikian mengakibatkan output pendidikan yang kurang bermutu, kurang mampu merespon kebutuhan masyarakat, kurang menguasai keahlian mereka dan berbagai kekurangan lain yang sesungguhnya kini tengah menjadi sorotan publik.
Dari sini menjadi jelas apa yang dikatakan Dr. Mahdy ketika mengomentari posisi generasi muda dalam system social bahwa : “Pemuda adalah unsure vital dalam sebuah system social. Padanya tempat potensi aktivitas yang amat besar dan merupakan asset utama bagi umat islam”.
Dalam kaitannya dengan dakwah, prinsip membangun intelektual umat senantiasa memerlukan tindakan langsung baik dalam lapangan pemikiran maupun aplikasi praktis, sekalipun kadangkala hal itu harus dilakukan dengan berenang hanyut kedalam kehidupan masyaraka sebagai mad'u. inilah sesungguhnya bentuk konkrit dari prinsip ilmu dan amal yang harus dilakukan terus menerus.
Untuk itu,Perlu adanya humanisasi yang kita kenal dengan memanusiakan manusia, humanisasi adalah terjemah dari kata(konsep) amar ma’ruf nahyi munkar, khairu ummatin sebagai pelaksana dakwah yang humanis(Al-anfal 110) merupakan dakwah yang berbasis pada etika profetik yaitu sebuah cita-cita dari kesadaran historis dan empiris menuju cita-cita transformasi yang didasarkan pada cita-cita dan misi profetik
Dalam konteks ini dakwah berarti aktivitas untuk meningkatkan kualitas kemanusiaan, agar kualitas kemanusiaannya itu tetap pada tingkatan ahsani taqwim, atau meningkat sebagai 'ibadurrahman bahkan bila mungkin sampai pada tingkatan khalifah fil ardh(mampu membangun peradaban yang maju).
Tanpa ada dakwah manusia akan sesat, tanpa adanya dakwah konstatasi malaikat bahwa manusia sebagai mahluk perusak di bumi(yufsidu fiha-fil ardh) dan penumpah darah (yasfiku dima') kan menjadi kenyataan (Qs 2,al-Baqarah 30).
Perwujudan dakwah bukan sekedar usaha peningkatan pemahaman keagamaan dalam tingkah laku dan pandangan hidup saja. Tetapi juga menuju sasaran yang lebih luas. Apalagi pada masa sekarang ini, dakwah harus lebih berperan menuju kepada pelaksanaan ajaran Islam secara lebih menyeluruh dalam berbagai aspek kehidupan. Tentu saja, yang dimaksud pelaksanaan ajaran islam secara menyeluruh ini lebih menekankan pada aspek esensi ajaran Islam,bukan pada pelembagaan ajaran Islam.
HMI sebagai gerakan mahasiswa punya independensi yang kuat untuk ikut berperan serta dalam menyelesaikan problematika kebangsaan dengan senantiasa menghadirkan diri dan menginvestasikan kader-kadernya di tengah-tengah masyarakat Indonesia.
Dengan memperhatikan pergolakan sosial dalam lingkup lokal hingga nasional yang terjadi saat ini, para intelektual muslim harus benar-benar mampu dan serius dalam menyelesaikan problem masyarakat. Hal tersebut akan tercapai dengan membangun tradisi intelektual mahasiswa Islam yang kritis dan progresif, yang tanggap dan mampu memberikan solusi terhadap problematika sosial.
Menyandarkan pada harapan masyarakat dan menyadari peran dan tanggung jawab sebagai mahasiswa Islam sudah sepatutnya gerakan mahasiswa Islam melakukan revitalisasi berpikir dengan cara lebih berorientasi membangun tradisi intelektualitas kadernya agar memiliki kesadaran sosial untuk meretas stagnasi di tengah arus pragmatisme.
D. Tujuan
Kader mampu membangun tradisi intelektualitasnya secara kritis dan progresif terhadap wacana yang berkembang di masyarakat serta mampu memberikan kontribusi positif dalam problematika kebangsaan.
E. Target Kegiatan
1. Terlaksananya kegiatan Latihan Kader 1 dengan baik dan sukses, baik secara kuantitas dan kualitas
2. Kader mampu membangun tradisi intelektualitas dan menumbuhkan kemampuan berpikir yang kritis dan progresif
3. Internalisasi nilai-nilai HMI pada diri kader
F. Kapasitas Penyelenggara
Latihan Kader I ini diselenggarakan sebagai salah satu agenda kegiatan program kerja bidang Perkaderan Komisariat Fakultas Tarbiyah dan Dakwah UIN Sunan Kalijaga periode 2011/2012. Secara teknis operasionalnya dikerjakan dan dibawah kendali Panitia Latihan Kader I, sedangkan susunan Panitia sebagaimana terlampir.
Demi terlaksananya Latihan Kader I ini kami mengharapkan dukungan dari semua pihak yang terkait dan yang mempunyai kepentingan dengan pengembangan sumber daya manusia, yang senantiasa berdiri di garis depan dalam setiap perubahan masyarakat yang diridhai oleh Allah SWT. maka dari itu kami sangat mengharap partisipasi dari semua pihak, baik dalam bentuk sumbangan maupun sponsorship.
G. Peserta
Latihan Kader I ini terbuka bagi mahasiswa Tarbiyah dan Dakwah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta dan mahasiswa Islam di Yogyakarta.
H. Waktu Pelaksanaan
Hari : Jum'at- Selasa
Tanggal : 14-18 Oktober 2011
Tempat : Menara Hikmah Daarul Hira, Maguwoharjo Sleman Yogyakarta.
I. Sekretariat
Wisma Marakom: Gg Gading No. 5F Ngentak Sapen Yogyakarta 55225. Hp: 085643108300/085743737979
J. Sumber Dana dan Anggaran Dana
Sumber dana untuk terlaksana dan lancarnya kegiatan ini berasal dari:
1. Dana kas komisariat
2. Kontribusi panitia
3. Kontribusi peserta
4. Instansi-Instansi
5. Donatur
6. Dan Bantuan lain yang tidak mengikat
Anggaran Dana
1. Kesekretariatan
Jenis Barang/Kebutuhan
Harga
Kertas HVS F4 1 Rim buram @ 40.000
Rp. 80.000
Amplop kop panitia 1 dus
Rp. 20.000
Blok note 30 buah @ Rp. 3.000
Rp. 90.000
Peratalan tulis menulis
Rp. 100.000
Penggandaan proposal 20 eksemplar @ Rp. 5.000
Rp. 100.000
Print dan Photo copy surat-surat
Rp. 100.000
Sertifikat 20 buah @ Rp. 2.000
Rp. 40.000
Sticker 40 buah @ Rp. 1.000
Rp. 40.000
Jumlah
Rp. 570.000
2. Divisi Acara
Jenis Barang/Kebutuhan
Harga
Penggandaan makalah
Rp. 150.000
Souvenir pemandu & pemateri 9 buah @ Rp. 25.000
Rp. 225.000
Jumlah
Rp. 375.000
3. Divisi Humas dan Pendanaan
Jenis Barang/Kebutuhan
Harga
Biaya operasional
Rp. 250.000
Transportasi Pemateri
Rp. 100.000
Sewa tempat 4 hari @ 150.000
Rp. 600.000
Jumlah
Rp. 1.795.000
4. Divisi APDD
Jenis Barang/Kebutuhan
Harga
Transportasi
Rp. 500.000
Perlengkapan
Rp. 200.000
Publikasi
Rp. 75.000
Dekorasi
Rp. 100.000
Dokumentasi
Rp. 50.000
Jumlah
Rp. 925.000
5. Divisi Konsumsi
Jenis Barang/Kebutuhan
Harga
Makan peserta 30 x 3 hari x 3 kali @ Rp. 4.500
Rp. 1.215.000
Makan panitia dan pemandu
18 x 4 x 3 @ Rp. 4.500
Rp. 972.000
Snack peserta 30 x 3 hari x 3 kali @ Rp. 2.500
Rp. 675.000
Snack pemateri dan pemandu
9 x 3 hari x 3 kali @ Rp. 3.500
Rp. 283.500
Minum air gallon 4 x @ Rp. 5000
Rp. 20.000
Jumlah
Rp. 3.135.500
6. Divisi Recruitment
Jenis Barang/Kebutuhan
Harga
Pendirian stand pendaftaran
Rp. 50.000
Biaya tak terduga
Rp. 100.000
Jumlah
Rp. 150.000
Rekapitulasi anggaran dana
Jenis Barang/Kebutuhan
Harga
1. Kesekretariatan
Rp. 570.000
2. Divisi acara
Rp. 375.000
3. Divisi Humas dan pendanaan
Rp. 1.795.000
4. Divisi APDD
Rp. 925.000
6. Divisi konsumsi
Rp. 3.135.500
7. Divisi recruitment
Rp. 150.000
Jumlah
Rp. 6.800.000
Demikian proposal ini kami buat serta kami ajukan, semoga kegiatan ini dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi perkembangan dan kemajuan perkaderan Himpunan Mahasiswa Islam serta masa depan bangsa dan negara Indonesia sehingga cita-cita bangsa Indonesia dapat tercapai, selalu dilindungi dan diridhoi oleh Allah SWT.
Yogyakarta, 30 Syawal 1432 H
28 September 2011 M
PANITIA LATIHAN KADER I
HMI KOMFAK TARBIYAH DAN
DAKWAH UIN SUKA
MAHFUZ
KETUA PANITIA
HANUM LATIFAH
SEKRETARIS PANITIA
Mengetahui,
PENGURUS HMI KOMFAK TARBIYAH UIN SUNAN KALIJAGA
ARDI RAHMAD
KETUA KOMISARIAT
PENGURUS HMI KOMFAK DAKWAH UIN SUNAN KALIJAGA
SITI EKA HARDIYATI
KETUA KOMISARIAT
PENGURUS HMI KORKOM
UIN SUNAN KALIJAGA
KARYA ALAM
KETUA KORKOM
SUSUNAN PANITIA LATIHAN KADER I
HIMPUNAN MAHASISWA ISLAM
KOMFAK TARBIYAH DAN DAKWAH
UIN SUNAN KALIJAGA PERIODE 2011-2012
Penanggung Jawab : Pengurus HMI Komisariat Fakultas Tarbiyah Dakwah
Steering Comite : Ardi Rahmad
Mahmud Arif
Siti Eka Hardiyati
Organizing Comite
Ketua Panitia : Mahfudz
Sekretaris Panitia : Hanum Latifah
Bendahara Panitia : Ferli Ummul Muflihah
Divisi Recruitmen : Nurrohman*
Sunu Prasetyo
Abul Aziz Hasan
Divisi Humas & Pendanaan : Abdul Ghafur*
Wildan
Halim Rahman
Salman Fanani
Divisi Acara : Siti Khodijah*
Fuad Hasan
Deko Hartoni
Ahmad Zaky Rohim
Divisi APDD : Wisnu Heri Sasono*
Ridlo Eka Nugraha
Agus Kuntartianto
Divisi Konsumsi : Sabki Ati Murtafi’ah*
Erna Sopha Agustina
Kuhriyati
Ambar Rosdiyana
SPONSORSHIP
Bidang perkaderan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Fakultas Tarbiyah dan Dakwah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada sumua pihak untuk berpartisipasi menyukseskan kegiatan Latian Kader I tersebut diatas dalam bentuk kerjasama Sponshorship.
A. Macam-Macam Sponsorship
1. Sponsor Tunggal
Sponsor tunggal adalah perusahaan atau lembaga yang membiayai 75% dari total anggaran kegiatan.
2. Sponsor Utama
Sponsor utama adalah perusahaan atau lembaga yang membiayai 50% dari total anggaran kegiatan.
3. Sponsor Biasa
Sponsor biasa adalah perusahaan atau lembaga yang mengambil satu atau lebih dari bentuk paket sponsor yang ditawarkan panitia sesuai yang dikehendaki.
Bentuk Sponsor dan Kontrak Prestasi



Nomor
1
2
3
Nama/Jenis
Spanduk Rentang
Blok Note
Pamflet
Bahan
Kain Tetron
Kertas HVS
Kertas HVS
Ukuran
5 x 1,5 Meter
½ Kwarto
Dobel kwarto
Jumlah
2 Buah
50 Buah
30 Buah
Ruang Sponsor
15 % Luas Spanduk
15 % Luas Blok Note
15 % Luas Pamflet
Waktu
h-05 s/d h+3
-
-
Lokasi
Lingkungan tempat pelaksaan
Lingkungan tempat pelaksaan
Lingkungan tempat pelaksaan
Harga penawaran
Rp. 100.000
Rp. 100.000
Rp. 25.000
Surat Perjanjian Kerjasama
Yang bertanda tangan dibawah ini:
Nama : ………………………………………………..
Jabatan : ………………………………………………..
Lembaga/perusahaan : ……………………………………………….
Alamat : ……………………………………………….
Dengan ini menyatakan persetujuan untuk ikut berpartisipasi dalam menyukseskan kegiatan Latihan Kader I Himpunan Mahasiswa Islam Komisariat Fakultas Tarbiyah dan Dakwah UIN sunan Kalijaga Yogyakarta, yaitu menjadi sponsor : ………………………………………………….
Biaya Sponsor sebesar Rp …………………………………………
Terbilang (………………………………………………………..)
Dengan parincian sebagai berikut:
A. Kami bayar lunas : Rp………………….pada tgl: …………….
B. Kami bayar sebagian : Rp………………….pada tgl: …..…………
Dengan demikian surat perjanjian ini kami buat sebagai persetujuan kerjasama.
Yogyakarta, ……………….. 2011
Yang menerima Pihak sponsor
(………………….) (……………………...)
Surat Perjanjian Kerjasama
Yang bertanda tangan dibawah ini:
Nama : ………………………………………………..
Jabatan : ………………………………………………..
Lembaga/perusahaan : ……………………………………………….
Alamat : ……………………………………………….
Dengan ini menyatakan persetujuan untuk ikut berpartisipasi dalam menyukseskan kegiatan Latihan Kader I Himpunan Mahasiswa Islam Komisariat Fakultas Tarbiyah dan Dakwah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, yaitu menjadi sponsor : ………………………………………………….
Biaya Sponsor sebesar Rp …………………………………………
Terbilang (………………………………………………………..)
Dengan parincian sebagai berikut:
A. Kami bayar lunas : Rp………………….pada tgl: …………….
B. Kami bayar sebagian : Rp………………….pada tgl: …..…………
Dengan demikian surat perjanjian ini kami buat sebagai persetujuan kerjasama.
Yogyakarta, ………………...2011
Yang menerima Pihak sponsor
(……………………..) (……………………...)

1 komentar:

Unknown mengatakan...

mantap.. lanjutkan perjuangan

Posting Komentar